Bungkus Candi Borobudur

Image


Pembersihan Candi Borobudur dari abu vulkanik muntahan Gunung Merapi belum bisa dilakukan. Pemerintah menghadapi berbagai kendala guna membersihkan candi ini dari abu.Kendala yang dihadapi adalah minim alat dan kondisi hujan pasir serta abu yang terus turun dari aktivitas Gunung Merapi.Alat seperti vacuum cleaner, pompa air, dan ember sulit ditemukan di sekitar Magelang dan Yogyakarta.

Selain itu, listrik juga menjadi kendala. Diesel pemasok listrik juga vital untuk menyalakan alat-alat ini. Sampai sejauh ini listrik masih padam di Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang.

Pengelola Borobudur juga tengah meneliti apakah bahan-bahan dari abu vulkanik membahayakan batuan candi. Abu vulkanik mengandung sulfur, sementara pasirnya mengandung silica. Secara teori, kedua materi tersebut dapat merusak materi lain yang ditempelinya.

Candi Borobudur terletak sekitar 35 kilometer (km) dari puncak Merapi. Ukuran dimensinya 121 meter X 121 meter X 35 meter. Angin berperan membawa material abu dan pasir dari erupsi Merapi.
Bungkus Candi Borobudur 9 Out Of 10 Based On 10 Ratings. 9 User Reviews.
Share 'Bungkus Candi Borobudur' On ...

Ditulis oleh: TIAR -

Belum ada komentar untuk "Bungkus Candi Borobudur"

Posting Komentar